EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pentingnya Pendidikan dan Masa Depan Anak dari Persepsi Pekerja Seks Komersial di Parangtritis Bantul Yogyakarta

Rosalia Indriyati Saptatiningsih (Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia)
Suharni Suharni (Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia)
T Heru Nurgiansah (Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Dalam studi awal banyak ditemukan di Parangtritis Pekerja Seks Komersial yang  sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Pola pendidikan  yang diterapkan kepada anak-anaknya dan persepsi orangtua terhadap masa depan anak sangat menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujan untuk menganalisis pola interaksi  Pekerja Seks Komersial dengan keluarganya dan menganalisis persepsi Pekerja Seks Komersial tentang pendidikan dan masa depan  anaknya di kawasan pantai Parangtritis Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode  observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka.  Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola interaksi keluarga Pekerja Seks Komersial, hampir sama  dengan keluarga pada umumnya yaitu ada komunikasi antar anggota keluarga. Pekerja Seks Komersial di Parangtritis mempunyai persepsi terhadap pendidikan dan masa depan anak bahwa orang tua wajib menyekolahkan anak karena orangtua  mempunyai tanggungjawab dalam memberikan pendidikan formal kepada anaknya minimal sampai dengan SLTA, anak diberikan pendidikan di sekolah yang baik termasuk di pondok pesantrean, dengan anak dititipkan di pondok pesantren diharapkan anak mempunyai dasar agama yang baik dan mampu mendoakan ibunya, serta mempunyai masa depan lebih baik dari pada orangtuanya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...