EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMA Melalui Teknik Cognitive Restructuring

Yuni Surveyni (Universitas Syiah Kuala, Indonesia)
Nurbaity Nurbaity (Universitas Syiah Kuala)
Zahra Nelissa (Universitas Syiah Kuala, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Kepercayaan diri adalah karakteristik pribadi seseorang yang di dalamnya terdapat keyakinan akan kemampuan diri yang mampu mengembangkan serta mengolah dirinya sebagai pribadi yang mampu menanggulangi suatu masalah dengan situasi terbaik. Rendahnya kepercayaan diri akan mempersulit siswa dalam proses kegiatan belajar, sehingga Teknik Cognitive Restructuring merupakan salah satu langkah kuratif yang disarankan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul Teknik Cognitive Restructuring yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMA Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pengembangan research and development (R&D) maka fokus penelitian adalah pembuatan produk berupa modul untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Modul Teknik Konseling Cognitive Restructuring dalam penelitian ini  telah divalidasi oleh Ahli Materi, Ahli Media dan Praktisi dan dinyatakan “Sangat Layak” digunakan sebagai panduan oleh guru BK untuk meningkatkan Kepercayaan diri Siswa dengan skor rata-rata kelayakan modul adalah 88,06 dan 80. Berdasarkan data yang telah peneliti olah di aplikasi SPSS diperoleh nilai analisis korelasi adalah  0.685 menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif artinya ada pengaruh antara isi materi dan media di dalam modul. Artinya semakin bagus isi materi dan desain modul maka semakin baik  dan tepat modul yang telah dikembangkan untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...