Jurnal Sinar Manajemen
Vol. 9 No. 1: MARET 2022

Pengaruh Inflasi, Saham Syariah, Sukuk dan Reksadana Syariah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tahun 2013-2020 : The Influence of Inflation, Sharia Stock, Sukuk and Sharia Mutual Funds on National Economic Growth in 2013-2020

Dwi Nurhidayah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia Pasca Sarjana-Jalan Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung – Jawa Timur 66221)
Amalia Nuril Hidayati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia Pasca Sarjana-Jalan Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung – Jawa Timur 66221)
Muhammad Alhada Fuadilah Habib (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia Pasca Sarjana-Jalan Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung – Jawa Timur 66221)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Terdapat banyak hal yang dilakukan Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Salah satu carayang dilakukannya adalah menstabilkan tingkat kenaikan inflasi dan tingkat minat investasi, di mana saat inibanyak sekali negara-negara yang berusaha meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi negaranya dengan caramenaikan output secara berkesinambungan dan yang masih menjadi perbincangan yakni mengenai tingkat minat investasi di pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: 1)pengaruh inflasi terhadappertuumbuhan ekonomi nasional 2)pengaruh saham syariah terhadap pertuumbuhan ekonomi nasional3)pengaruh sukuk terhadap pertuumbuhan ekonomi nasional, 4)pengaruh reksadana syariah terhadappertuumbuhan ekonomi nasional 5)pengaruh inflasi, saham syariah, sukuk, dan reksadana syariah secarabersama-sama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2013-2020. Populasi dalam penelitian iniadalah beberapa sumber data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistika (BPS), Bank Indonesia (BI), danOtoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan alamat website www.ojk.go.id, www.bi.go.id dan www.bps.go.id setiaptriwullan nya yang terdaftar pada periode 2013-2020, berdasarkan jumlah sampel yang digunakan adalahdengan teknik purposive sampling, yaitu dengan mengambil sumber data sesuai kriteria yang ditentukan olehpenulis pada variabel-variabel X (inflasi, saham syariah, sukuk, dan reksadana syariah). Penggunaan datadiambil dari data sekunder, yaitu data time series yang telah di publikasikan selama periode 2013-2020. Metodepenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya tergolong dalam asosiatif, dan menggunakan teknik analisis data yaitu linier berganda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan uji t didapatkan hasil bahwa variabel saham syariah, sukuk dan reksadana syariah berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, sedangkan pada variabel inflasi didapatkan hasil dari uji t berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara uji f menunjukkan pengaruh secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Sinar Manajemen, an electronic international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to management, accounting and economic. This journal encompasses original research articles, review ...