Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 4 Palangka Raya. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan tes. Uji asumsi klasik yang dilakukan yaitu: uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, yang meliputi uji t, uji F dan R-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,561.(2) ada pengaruh positif yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,992 (3) ada pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan internet dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa dan nilai > (830,02 > 3,13) dan p-value = 0,000 < 0,05. (4) Nilai R-Square sebesar 93,4% artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi pemanfaatan internet dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 93,4% sedangkan sisanya 6,6% dipengaruhi variabel lain.
Copyrights © 2022