JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 1 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 1 MEI 2022

Pengaruh Strategi Diferensiasi Citra Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Hotel Eljie Syariah Gorontalo

Dina Nurhidayah Angio (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Rizan Machmud (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility terhadap keunggulan bersaing pada hotel Eljie Syariah Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing baik secara parsial maupun secara simultan pada hotel Eljie Syariah Gorontalo. Hasil positif menunjukan bahwa strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada hotel Eljie Syariah Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,575. Nilai ini berarti bahwa sebesar 57,5% keunggulan bersaing pada hotel Eljie Syariah Gorontalo dipengaruhi oleh strategi diferensiasi citra dan corporate social responsibility. Adapun 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel kepuasan konsumen, inovasi produk, manajemen rantai pasok, dan kualitas pelayanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...