JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 1, No 1 (2018): JIMB - Volume 1 Nomor 1 Mei 2018

PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK DAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016

Yuli Ratna Dewi (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idham Masri Ishak (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Herlina Rasjid (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 3 laporan tahunan perusahaan dalam kurun waktu lima tahun terakhir pada periode 2012-2016. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel CR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dari perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga periode 2012-2016, sedangkan variabel NPM berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dari perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga periode 2012-2016. Secara bersama-sama, variabel CR dan NPM berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dari perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga periode 2012-2016. Besar pengaruh dari rasio CR dan NPM terhadap harga sahamĀ  pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga periode 2012-2016 adalah sebesar 98,38% sedangkan sisanya sebesar 1,62% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...