JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 1 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 1 MEI 2022

Pengaruh Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Mikro Kecil (IMK) Di Kota Gorontalo (Studi Pada Kerajinan Karawo)

Nur Ihsan Nue (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Yulinda L. Ismail (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan internal dan lingkungan eksternal terhadap keunggulan bersaing Industri Mikro Kecil (IMK) di Kota Gorontalo (Studi Pada Industri Kerajinan Karawo di Kota Gorontalo) secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 46 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Lingkungan internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 15,00%. (2) Lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 29,10%. (3) Lingkungan internal dan lingkungan eksternal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo. Sehingga dapat dikatakan bahwa adanya dampak yang baik dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada Industri Mikro Kecil (IMK) kerajinan Karawo di Kota Gorontalo. Hasil koefisien determinasi yakni sebesar 44,10% sehingga determinasi pada keunggulan bersaing dapat pula dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini yakni promosi, persepsi konsumen dan inovasi pada produk Karawo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...