JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 1, No 2 (2018): JIMB - Volume 1 Nomor 2 September 2018

PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA IKAN SAGELA OLAMITA DI IKM KREATIF GORONTALO

Sri Indrawaty Nune (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Yulinda L. Ismail (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unversitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap minat beli konsumen pada Ikan Sagela Olamita di IKM Kreatif Gorontalo. 2) untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada Ikan Sagela Olamita di IKM Kreatif Gorontalo. 3) untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada Ikan Sagela Olamita di IKM Kreatif Gorontalo. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa yang pernah membeli Ikan Sagela Olamita. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling, dan menggunakan metode jenis Accidental sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Variabel daya tarik iklanĀ  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel atribut produk dan variabel daya tarik iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Nilai regresi linier berganda menghasilkan : Y = 9,589 + 0,380 + 0,129, artinya bahwa semua variabel independen yaitu atribut produk dan daya tarik iklan mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu minat beli. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variable dependen adalah variabel atribut produk (0,380), kemudian variabel daya tarik iklan (0,129). Semua variabel memiliki nilai signifikansi 0,05 , yang artinya bahwa semua variable independen signifikan terhadap variabel dependen. Dan nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,574. Hal ini berarti 57,4 % minat beli dipengaruhi oleh variabel atribut produk dan daya tarik iklan. Sedangkan 42,6 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti seperti Harga, kepercayaan, Citra Merek dan lain-lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...