AL-AF'IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya
Vol 6 No 1 (2022): Maret

UPAYA GURU MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB MELALUI METODE MENYANYI DI MTS NURUL JIHAD KOTA BIMA

Muhammad Amin (IAIM Bima)
Ilham Ilham (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)
Muchlis Muchlis (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmi Pendidikan Bima)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Kosakata adalah salah satu komponen penting dalam pembelajaran Bahasa arab dengan adanya permasalahan siswa dalam menguasai kosakata Bahasa arab sehingga dilakukan analisis upaya guru meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa arab dengan metode menyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui metode menyanyi pada siswa kelas VII MTs Nurul Jihad Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ni adalah selurus siswa MTs Nurul Jihad Kota Bima, sampelnya siswa kelas VII MTs Nurul Jihad Kota Bima. metode pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisa data digunakan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode menyanyi di MTs Nurul Jihad Kota Bima dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata dalam bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari hafalan nyanyian yang mana lirik lagunya sudah di ganti dengan kosakata bahasa Arab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

afidah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-AfIdah ialah jurnal pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada kajian kebahasaan dan pengajaran. Jurnal ini sebagai media pengembangan keilmuan di tingkat prodi pendidikan bahasa Arab yang diterbitkan dua kali dalam setahun. Sebagai jurnal Pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab ...