Kosakata adalah salah satu komponen penting dalam pembelajaran Bahasa arab dengan adanya permasalahan siswa dalam menguasai kosakata Bahasa arab sehingga dilakukan analisis upaya guru meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa arab dengan metode menyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui metode menyanyi pada siswa kelas VII MTs Nurul Jihad Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ni adalah selurus siswa MTs Nurul Jihad Kota Bima, sampelnya siswa kelas VII MTs Nurul Jihad Kota Bima. metode pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisa data digunakan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode menyanyi di MTs Nurul Jihad Kota Bima dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata dalam bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari hafalan nyanyian yang mana lirik lagunya sudah di ganti dengan kosakata bahasa Arab.
Copyrights © 2022