Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 2 No 12: Mei 2022

PENAMBAHAN SERBUK AMPAS KOPI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI KALOR BRIKET LIMBAH KERTAS

Dianta Mustofa Kamal (Master's Program in Applied Manufacturing Technology, State Polytechnic of Jakarta, Jl. Prof. Dr. G. A. Siwabessy, Kampus UI Depok 16425, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Abstrak Briket yang dihasilkandarikertasbekasdikenalkarenanilaikalorinya yang rendah. Nilai kalorbriketdarikertasbekasberada pada urutankeempatsetelahlimbahkayu, arang dan serbukgergaji. Oleh karenaitu, diperlukanperbandingankomposisicampuran yang tepatuntukmenghasilkannilaikalor yang lebihtinggi. SerbukAmpas Kopi (SAK) dipilihsebagaibahantambahandalamkomposisicampuranbiomassakarena SAK memilikinilaikalor yang tinggi dan mudahditemukan. Tujuan daripenelitianiniadalahuntukmenemukanrasio yang tepat yang dapatmeningkatkannilaikalorbriket yang terbuatdarikertasbekas, berdasarkanpengujian dan analisisproksimat. Ada empatkomposisisampelcampuran yang digunakandalampenelitianini. Komposisicampuranpertamaadalah 90% kertasbekas dan 10% perekat; yang keduaadalah 70% kertasbekas, 20% SAK dan 10% perekat; komposisicampuranketigaadalah 50% kertasbekas, 40% SAK, 10% perekat; dan komposisicampurankeempatmeliputi 30% kertasbekas, 60% SAK dan 10% perekat. Hasil penelitianmenunjukkanbahwasemakinbesarrasio SAK yang digunakandalamkomposisiakanmenghasilkannilaikalor yang lebihtinggihanyasajabriketsemakinrapuh. Hasil penelitianmenyimpulkanbahwabriketmencapaiperformaterbaiknya pada komposisicampuran 40% SAK. Pada rasio yang diusulkan, brikettidakrapuh, dan menghasilkannilaikalori 5,366 kkal/kg; 6,58% kadar air; 5,37% kadarabu; 28,28% daribahan yang mudahmenguap; dan 8,91% dariindekspecah. Oleh karenaitu, komposisi yang dipelajaridapatdipertimbangkanuntukmenghasilkanbriketbiomassa yang paling efisien yang terbuatdarikertasbekas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...