Madaniya
Vol. 3 No. 2 (2022)

Pelatihan Dasar Membuat Bahan Ajar Interaktif Bagi Pengajar Santri SMPTQ Al Azka Cisauk

Yudi Santoso (Universitas Budi Luhur)
Ari Saputro (Universitas Budi Luhur)
Nurwati Nurwati (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
15 May 2022

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah proses belajar mengajar yang semula tatap muka di kelas (berada di satu tempat sama, dengan waktu yang sama) berubah menjadi tatap muka online (berada di tempat yang berbeda, dengan waktu yang sama). Media ajar yang disampaikan pun menjadi interaktif bukan hanya menampilkan kalimat dan gambar namun ditambahkan suara untuk menarik perhatian peserta didik. Pengajar dituntut terus menambah kemampuan diri untuk beradaptasi dengan keadaan ini. Kompetensi diri berupa mengusai software multimedia salah satunya software Macromedia Flash 3,0. Pelatihan membuat media bahan ajar yang interaktif ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, praktek dan diskusi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini sesuai yang diharapkan yaitu pengajar santri di SMPTQ mampu membuat animasi gerak sederhana dan membuat animasi yang sudah disertai suara internal dan eksternal dari suara asli pengajar. Umpan balik yang diperoleh adalah sebagai berikut 70% peserta puas dalam penyampaian materi pelatihan, 60% peserta memahami materi pelatihan dan 60% peserta menguasai materi dengan praktek langsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...