Penetapan harga barang dan jasa adalah strategi utama karena deregulasi, kompetisi yang semakin kompetitif, ekonomi rendah dan tinggi, dan peluang untuk memperkuat posisinya di pasar. Harga sangat mempengaruhi posisi dan kinerja keuangan, dan juga sangat mempengaruhi persepsi pembeli dan positioning merek. Penelitian ini mengungkap dan mengekslorasi penerapan maslahah dalam penetapan harga penjualan pada minimarket di Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah explanatori yang mengungkap hubungan antara variabel. Penelitian ini mengungkap Pertimbangan kemaslahahan dari aspek agama, memberikan pengaruh terhadap penetapan harga, sebagaimana dalam pandangan Ibnu Taymiyah di atas, produk yang dijual yang memiliki lebelisasi halal membutuhkan biaya yang tentunya akan menambah biaya pada produk. Demikian pula dengan aspek jiwa, pihak minimarket berkewajiban menyediakan produk yang bermanfaat dan bernilai guna. Aspek akal, minimarket memberikan produk yang tidak berbahaya baik secara fisik maupun akal. Konsumen pun akan mendapat maslahah dari produk yang dikonsumsi. Aspek keturunan pun demikian, minimarket menyediakan produk yang keturunan, artinya bahwa produk yang dijual sesuai dengan umur. Pihak minimarket juga menjual produk dengan harga yang wajar kepada konsumen. Agar konsumen merasa puas dengan pelayanan dan sebanding dengan harga yang dikeluarkan.
Copyrights © 2021