Perdagangan beras di Indonesia sangat dinamis, sehingga sistem pemasaran beras yang efisien akan menentukan efisiensi tataniaga beras secara keseluruhan. Tulisan ini membahas secara singkat trend pemasaran beras di Indonesia serta hal-hal penting mengenai datadananalisa yang terkait dengan: konsumsi dan ketersediaan beras nasional, karakteristik dan stratifikasi konsumen, persaingan dan strategi pemasaran yang harus dilakukan dengan meiihat trend perubahan pemintaan pasar. Beberapa data yang disampaikan merupakan hasil survey Tim F-Technopark Fateta IPB mengenai sistem distribusi dan pemasaran beras di Wilayah DKI Jakarta, Jabodetabek dan Pantura Jawa Barat. Hasil survey menunjukkan bahwa fungsi promosi dan advertising dalam memasarkan produk amatlah penting serta harus sesuai dengan target pasar dan saluran pemasaran. Selanjutnya menunjukkan bahwa akan terus terjadi perubahan permintaan beras, baikdari sisi jumlah maupun variasi mutunya, seiring dengan peningkatan pendapatan (kesejahteraan), pendidikan dan pengetahuan konsumen. Mutu, tampaknya telah menjadi salah satu krileria penting konsumen didalam memilih beras yang akan dikonsumsinya
Copyrights © 2007