JURNAL PANGAN
Vol. 26 No. 1 (2017): PANGAN

Pemanfaatan Limbah Padat Kompos Kotoran Ternak dalam Meningkatkan Daya Dukung Lingkungan dan Biomassa Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.)

Djonius Nenobesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos limbah kotoran ternak dalam meningkatkan daya dukung lingkungan dan biomassa tanaman kacang hijau varietas Vima 1 pada tanah Vertisol. Penelitian ini menggunakan rancangan petak terpisah yang petak utamanya adalah jenis kompos dengan 3 level yakni kompos kotoran ayam, kompos kotoran sapi, dan kompos slurry biogas kotoran sapi. Anak petak berupa dosis dengan 4 level yakni 0, 15, 30, dan 45 ton/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompos slurry biogas kotoran sapi 45 ton/ha secara nyata memberikan nilai tertinggi kandungan P total, K tersedia, C organik, jumlah koloni bakteri tanah, serta hasil biji, berat biomasa, efisiensi penggunaan air (EPA), dan efisiensi penggunaan pupuk (EPP). Pemberian slurry biogas kotoran sapi dengan dosis tersebut menghasilkan berat biji 1,77 ton/ha, berat biomasa per tanaman 76,1 gram, EPA 0,0113 kg/liter,dan EPP 0,06 kg/kg. Seluruh ukuran produktivitas tanah dan tanaman juga secara nyata lebih tinggi pada perlakuan pemberian kompos daripada tanpa pemberian kompos. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian kompos kotoran ternak meningkatkan daya dukung lingkungan dan peningkatan paling tinggi terjadi pada perlakuan 45 to/ha slurry biogas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pangan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Social Sciences

Description

PANGAN merupakan sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Pusat Riset dan Perencanaan Strategis Perum BULOG, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan ...