JRB-Jurnal Riset Bisnis
Vol 5 No 2 (2022): April

Pengujian Pemasaran Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Kosmetik Emina

Cornellia Stella Mahardhika (Program Studi Manajemen,Universitas Kristen Maranatha)
Rully Arlan Tjahyadi (Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

AbstrakInternet, media sosial, aplikasi seluler dan komunikasi digital lainnya sudah menjadi bagian dalam kehidupanmasyarakat di dunia. Salah satu saluran komunikasi umum atau digital yang sering digunakan oleh perusahaansebagai media pemasaran adalah media sosial. Banyak perusahaan yang memanfaat media sosial untukmenyebarkan promosi perusahaan, meningkatkan kesadaran merek, pengambilan keputusan pembelian, danmempertahankan keterlibatan perusahaan dengan pelanggan. Perusahaan perlu membuat media sosial yangmenarik dan informatif untuk meningkatkan kesadaran merek yang dapat berpengaruh kepada keputusanpembelian untuk produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran mediasosial dalam keputusan pembelian melalui mediasi kesadaran merek. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 210responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesismenggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media sosial mempengaruhikeputusan pembelian melalui mediasi kesadaran merek. Kesadaran merek memainkan peran sebagai partialmediation pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Pemasaran Media Sosial AbstractInternet, social media, mobile applications and other digital communications have become a part of people'slives in the world. One of the general or digital communication channels that are often used by companies as amarketing medium is social media. Many companies use social media to spread company promotions, increasebrand awareness, make purchasing decisions, and maintain company engagement with customers. Companiesneed to create interesting and informative social media to increase brand awareness that can influence purchasingdecisions for the products offered. This study aims to determine the effect of social media marketing onpurchasing decisions through mediation of brand awareness. The number of samples in this study were 210respondents. The sampling technique used was purposive sampling. Hypothesis testing using path analysis. Theresults of this study indicate that social media marketing influences purchasing decisions through mediation ofbrand awareness. Brand awareness plays a role as a partial mediation of the influence of social media marketingon purchasing decisions. Keywords : Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Decision

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRB-Jurnal Riset Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasila sejak tahun 2017, merupakan Jurnal Manajemen dan Akuntansi yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu manajemen dan akuntansi terkini (konseptual) yang mencakup Keuangan, Pemasaran, SDM, ...