Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal
Acta Aquatica: Jurnal Ilmu Perairan, Vol. 8: No. 1 (April 2021)

Utilization of anesthetic ingredients and different active substances in transportation closed wet system for survival of milkfish juvenile (Chanos chanos)

Ainania Ahsan (Unknown)
Siti Komariyah (Unknown)
Suri Purnama Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Angkutan remaja merupakan salah satu kegiatan dalam usaha penangkapan ikan. Pengangkutan benih dapat dilakukan dengan metode sistem basah tertutup atau media air. Angkutan remaja memiliki prinsip menjaga kelangsungan hidup sampai ke lokasi tujuan. Jika lokasi tujuan jauh sehingga membutuhkan waktu yang lama, maka untuk mempertahankan kelangsungan hidup perlakuan khusus. Perlakuan tersebut untuk mengurangi masalah transportasi ikan seperti penurunan DO dan peningkatan amoniak pada media yang dapat menyebabkan kematian pada anakan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan bahan anestesi untuk menurunkan laju metabolisme dan zat aktif untuk menurunkan amonia dalam media.Uji hewan yang digunakan adalah ikan bandeng berukuran 2 cm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap sebanyak 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah P1 (minyak pala + karbon aktif), P2 (minyak pala + karbon aktif), P3 (minyak cengkeh + zeolit), P4 (minyak cengkeh + karbon aktif) dan P5 (kontrol). Parameter penelitian yang diamati adalah tingkat kelangsungan hidup (TKH), tingkat konsumsi oksigen (TKO), amonia setelah pengangkutan dan kualitas air sebelum dan sesudah pengangkutan. Hasil analisis anova menunjukkan bahwa pengaruh berpengaruh nyata (P <0,05) terhadap kelangsungan hidup, tingkat konsumsi oksigen dan kadar amonia pada media transportasi benih bandeng.Perlakuan P4 (minyak cengkeh + karbon aktif) perlakuan terbaik karena memiliki sintasan tertinggi (76,7%), tingkat konsumsi oksigen terendah (1.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

acta-aquatica

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Other

Description

Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal is a scientific open access journal in the field of aquatic sciences, published periodically (April and October) by the Institute of Research and Community Service (LPPM) Universitas Malikussaleh (Malikussaleh University) in cooperation with Marine Center ...