Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 8 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Lende Kecamatan Sirenja

Milawati, Milawati ( FKIP UNTAD)
Gonggo, Siang Tandi (Unknown)
Lagganing, Najamudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2015

Abstract

Penggunaan metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode konvensional dimana guru hanya berceramah terus/menerus yang keterlibatan siswa sangat kurang, sehingga guru lebih Nampak aktif dan siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai alternatife guna menunjang keaktifan siswa dalam belajar. Rancangan Penelitian dilakukan yaitu melalui empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas IV SDN No. 1 Lende Kecamatan Sirenja pada tahun ajaran 2013/2014 pada semester II (Dua). Hasil belajar pada Mata Pelajaran IPA yang diperoleh siswa dari pemberian tes LKS dan observasi pada semester II (dua) Tahun Ajaran 2013/2014 ini meningkat menjadi 68,7. Sedangkan pada tahun sebelumnya nilai rata-rata siswa pada tahu ajaran 2012/2013 semester I dan II yaitu 61,30,  Dan semester I pada tahun ajaran 2013/2014 nilai siswa menurun hingga 61,00. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka disimpulkan bahwa pada semester II 2013/2014 hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa Kelas IV (empat) SDN No. 1 Lende Kecamatan Sirenja meningkat, yang dapat dilihat pada nilai ketuntasan belajar klasikal yaitu 68,7 di mana KBK adalah 65,00 lebih dari nilai yang ditentukan dan hasil penilaian ini dapat juga dilihat nilai daya serap individu siswa yaitu : 40%, 50%, 60%, 70%, dan 80%. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Copyrights © 2016