Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Didik Tri Puryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2020

Abstract

Setiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk bersekolah. Kewajiban ini tentu harus disambut oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Dengan demikian sekolah harus menjadaikan dirinya sebaik mungkin sehingga menarik minat masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan sekolah adalah dengan menyajikan pembelajaran yang menarik di kelas. Salah satu model yang diyakini menarik minat siswa adalah model Cooperative Learning. Lebih khusus lagi Cooperative Learning Tipe STAD. Dengan model ini siswa akan diajak untuk saling berkomunikasi dengan teman sebayanya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model STAD hasil belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Sukowono Tahun 2018/2019 pada materi Perbandingan dapat ditingkatkan.. Obyek penelitian adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 30 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Pada setiap siklus siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajar yang terdiri dari peningkatan skor yang diperoleh dan peningkatan ketuntasan belajar siswa.Kata Kunci: PTK, STAD, Perbandingan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...