HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 38 No 2 (2021): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X SMAN 15 SURABAYA

Apolinarius Dari Saka (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Aniek Wirastania (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik self-management untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas X SMAN 15 Surabaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian menggunakan skala pengukuran. Peneliti menerapkan rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest Post-Test yang diberikan terhadap 6 orang siswa yang mendapatkan skor pengukuran perilaku prokrastinasi akademik pada klasifikasi paling tinggi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji wilcoxon yang merupakan analisis non-parametrik. Hasil interprestasi data statistik dalam uji wilcoxon diperoleh signifikasi sebesar 0,028. Nilai asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,028 lebih kecil dari 0,05 sehingga disimpulkan hipotesisnya diterima. Dengan demikian maka diambil kesimpulan teknik self-management secara siginifikan efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas X SMAN 15 Surabaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...