Jurnal Ilmiah Adiraga : Jurnal Penelitian Olahraga
Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Adiraga: Jurnal Penelitian Olahraga

Peningkatan Power Tendangan Jodan Mawashi Geri Melalui Latihan dengan Ankle Weight dan Karet Ban (Studi Eksperimen Pada Karateka Sekolah Karate-Do Dojo Rossi)

khavisa pranata (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2020

Abstract

Masalah yang menjadi acuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan power tendangan jodan mawashi geri melalui latihan ankle weight dan karet ban pada karateka Sekolah Karate-Do Dojo Rossi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan variabel bebas adalah latihan menggunakan ankle weight dan latihan menggunakan karet ban variabel terikat adalah peningkatan power tendangan jodan mawashi geri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karateka Sekolah Karate-Do Dojo Rossi sebanyak 24 orang dan dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok A diberi latihan ankle weight dan kelompok B diberi latihan karet ban. Instrumen penelitian adalah tes Nuboya meter dengan validitas sebesar 0,70 dan reliabilitas 0,72. Hasil analisis data menunjukan latihan tendangan dengan menggunakan ankle weight memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan power tendangan jodan mawashi geri hal ini karena t-hitung 19,06 > dari t-tabel 2,20. Latihan tendangan dengan menggunakan karet ban memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan power tendangan jodan mawashi geri hal ini karena t-hitung 43,10 > dari t-tabel 2,20. Kesimpulan penelitian adalah kedua bentuk latihan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan power tendangan jodan mawashi geri, namun latihan tendangan dengan menggunakan karet ban pengaruhnya lebih signifikan dibandingkan latihan tendangan menggunakan ankle weight terhadap peningkatan power tendangan jodan mawashi geri pada Karateka Sekolah Karate-Do Dojo Rossi. Kata kunci: Power tendangan, Mawashi Geri, Karateka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

adi_raga

Publisher

Subject

Education Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of sport Jurnal Ilmiah ADIRAGA particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows: 1. Physical Education ...