WAHANA
Vol 73 No 2 (2021): Wahana

Hasil Belajar Kimia Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Dengan Menggunkan Media Video Pembelajaran Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Kupang

Maria F. Jeno (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur)
Hironimus Tangi (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur)
Maria A. U. Leba (Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Video pembelajaranadalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman dengan kurikulum yang berlaku dan dalam penggunaannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik. secara fisik video pembelajaran merupakan program pembelajaran yang dikemas dalam link dan disajikan dengan menggunakan peralatan vcd player. Masalah utama adalah (1) Bagaimana validitas menggunakan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2021?, (2) Bagaimana respon siswa dengan menggunakan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2021?, (3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2021? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas menggunakan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2021, (2) Untuk mengetahui respon siswa dengan menggunakan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2021, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2021. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media video yang diimplementasikan disekolah oleh peneliti dinyatakan valid/layak. Hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86,36. Respon siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media video pembelajaran tergolong dalam kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 89,86%.

Copyrights © 2021