PeTeKa
Vol 5, No 2 (2022): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

PENERAPAN PROGRAM MULTILINGUAL SCHOOL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KARAWANG

Sindi Maudina (Universitas Singaperbangsa Karwang)
Ilham Fahmi (Universitas Singaperbangsa Karwang)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Multilingualisme ialah penggunaan lebih dari dua bahasa dalam proses komunikasi oleh satu penutur ke penutur lainnya. Pada dasarnya multilingualisme merupakan hal yang lumrah dalam masyarakat yang heterogen, seperti halnya di Indonesia, terutama dalam dunia Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penerapan di program multilingual school di Madrasah Tsanawiyah 5 Karawang. Dalam hal ini Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Karawang telah menerapkan program multilingual dengan sangat baik. Beberapa hal yang menjadi poin penting yang harus diterapkan ialah pembiasaan pada setiap peserta didik mau pun pendidik baik saat kegiatan belajar mengajar berlansung atau pun diluar kegiatan belajar mengajar. Upaya tersebut dilakukan agar peserta didik tidak hanya menerima hal tersebut sebagai sebuah pengajaran akan tetepi mereka akan terbiasa dan memakainya pada kehidupan sehari-hari. Kondisi  bermultilingualisme yang terjadi pada dunia pendidikan memiliki dampak positif, juga dampak negatif. Dampak positif yang ditimbukan dari program multilingual school dalam dunia pendidikan salah satunya adalah terciptanya keanekeragaman berbahasa. Namun untuk beberapa dari dampak negatifnya para stakeholder terus berupaya agar tidak terjadinya ketidak setaraan dalam berbahasa terutama pada bahasa indonesia dengan bahasa asing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...