Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol 19, No 2 (2022)

Analisis pengaruh opini audit dan ukuran kantor akuntan publik terhadap harga saham dengan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (periode 2018-2020)

Aretha Belinda (Unknown)
Ibnu Abni Lahaya (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah opini audit dan ukuran kantor akuntan publik memiliki pengaruh terhadap pergerakan harga saham dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 perusahaan dan diperoleh sampel akhir sebanyak 56 perusahaan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda dan Moderated Regression Analysis dengan alat analisis IBM SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Opini audit berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap harga saham; 2) Ukuran kantor akuntan publik berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham; 3) Ukuran perusahaan tidak dapat memperkuat hubungan opini audit terhadap harga Saham; 4) Ukuran perusahaan memperkuat hubungan ukuran kantor akuntan publik terhadap harga saham.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...