MEDIA BINA ILMIAH
Vol 13, No 12: Juli 2019

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN MENERAPKAN KODE ETIK PELAYANAN KEPADA PEGAWAI DI LAYANAN PUBLIK

Bertha Lubis (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2020

Abstract

Pada masa sekarang kebutuhan akan pelayanan publik yang prima telah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini tentu sangat membutuhkan perhatian dari semua pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Standar perilaku di sektor publik atau kode etik merupakan isu politik dan publik yang penting bagi setiap negara, yang selalu dipegang sebagai prasyarat mendasar untuk good governance.  Penelitian ini mencoba membahas tentang dampak kode etik sebagai faktor utama yang mempengaruhi layanan publik. Pembahasan artikel ini menggunakan studi kualitatif dengan pengumpulan data dengan pendekatan tinjauan pustaka dalam memberikan pemahaman terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menjelaskan penerapan kode etik pelayanan publik bagi pegawai memegang peranan penting karena akan hal ini akan mencegah perbuatan yang tidak etis, dapat meminimalisir masalah yang dapat ditimbulkan yang tentunya dapat melindungi pegawai dari jeratan sangsi dan hukum. Penelitian ini juga menemukan bahwa kode etik selama ini tidak memenuhi azas keadilan karena proses penyusunannya hanya berasal dari atas tanpa melibatkan pegawai yang menjadi bawahannya. Dalam penelitian kami juga merekomendasikan agar infrakstruktur etis berhasil maka infrastruktur organik harus berjalan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh lembaga pengembangan sumber daya insani. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta ...