Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 1 (2022)

Peningkatan Pengetahuan Guru Tentang PjBL dan Kreatifitas Melalui Kegiatan Webinar

Supriyatin Soelaiman (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)
Nailul Rahmi Aulya (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)
Refirman Dj (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)
Vonny Vonny (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)
Rizki Aditya Yanuar (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)
Inne Sintiya Rahma (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)
Verdiana Rahmadhani (Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Kota Jakarta Timur, Indonesia, 13220)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Background: Sistem pembelajaran IPA menitikberatkan pada pemberian kemampuan untuk mengeksplorasi dan memahami alam di sekitar secara ilmiah untuk meningkatkan berbagai kompetensi. Terlebih dalam menjawab tantangan pembelajaran Abad 21 yang dimana dengan kemajuan bidang teknologi dan informasi sehingga menuntut dunia pendidikan agar memberikan bekal kepada siswa umtuk meningkatkan kompetensinya, pembelajaran IPA harus mampu membangun HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif maka dari itu guru juga harus berpikir kreatif dalam merancang model pembelajaran. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ialah dengan melakukan survey analisis kebutuhan yang kemudian dilanjutkan menggunakan metode webinar (web-based seminar). Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru MGMP IPA dan MTs wilayah Bekasi, Jawa Barat sekitar 100 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah dengan penilaian pre-test beserta post-test serta penilaian LKPD untuk mengukur tingkat pengetahuan dan Kreativitas kemudian dibuktikan dengan uji T. Hasil: Hasil kegiatan ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru setelah mengikuti kegiatan webinar. Uji t terhadap skor pre-test dan post-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, dengan p-value =3,55e-05. Uji korelasi antara pengetahuan dan Kreativitas menampilkan terdapat adanya korelasi yang signifikan, dengan p-value = 0,007241. Kesimpulan: Setelah kegiatan ini, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru selama mengikuti kegiatan webinar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...