Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT)
Vol. 3 No. 5 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Mei 2022)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES RISET KONSUMEN: TARGET PASAR, PERILAKU PEMBELIAN DAN PERMINTAAN PASAR (LITERATURE REVIEW PERILAKU KONSUMEN)

Hanifah Putri, Nanda (Unknown)
Novita Syahidah Sari (Unknown)
Nurul Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Bidang riset konsumen dikembangkan sebagai perluasan bidang riset pemasaran, hampir semata-mata memfokuskan perhatiannya pada perilaku konsumen bukannya pada aspek-aspek lain dalam proses pemasaran. Hasil riset konsumen digunakan untuk memperbaiki pengambilan keputusan manajerial. Perilaku memungkinkan para pemasar meramalkan bagaimana para konsumen akan bereaksi terhadap berbagai pesan promosi dan untuk memahami cara mereka mengambil keputusan membelinya. Konsumen Saat ini konsumen begitu dimanjakan dengan berbagai produk yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan. Era produsen mengendalikan konsumen telah berlalu dan telah digantikan dengan era dimana konsumen memegang kendali. Konsumen yang mendikte produk apa yang seharusnya diproduksi oleh perusahaan. Pada dasarnya perilaku konsumen merupakan tindakan atau perilaku, termasuk di dalamnya aspek-aspek yang mempengaruhi tindakan itu, yang berhubungan dengan usaha untuk mendapatkan produk guna memenuhi kebutuhannya. Perilaku manusia sangat komplek sehingga sangat sulit digambarkan dengan kata-kata. Analisis konsumen merupakan dasar dari managemen pemasaran. Perencanaan dan strategi pemasaran harus disusun berdasarkan pemahaman akan konsumen yang menjadi target pasar bagi perusahaan. Artikel ini mereview Faktor-faktor yang mempengaruhi Proses Riset Konsumen, yaitu: Target Pasar, Perilaku Pembelian dan Permintaan Pasar, suatu studi literatur Perilaku Konsumen . Tujuan penulisan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) Target Pasar berpengaruh terhadap Proses Riset Konsumen; 2) Perilaku Pembelian berpengaruh terhadap Proses Riset Konsumen; dan 3) Permintaan Pasar berpengaruh terhadap Proses Riset Konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen dan Ekonomi. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi ...