Pilar Teknologi : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknik
Vol. 7 No. 1 (2022): JURNAL PILAR TEKNOLOGI

Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Tentang Mata Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Sidhiq Andriyanto (a:1:{s:5:"en_US"
s:44:"Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung"
})

Ahmat Josi (Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Salah satu inovasi game technology yang akan digunakan dalam membangun media pembelajaran biologi tentang mata sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar siswa adalah Augmented Reality(AR), yaitu penggabungan dunia nyata dengan dunia maya, dimana objek virtual overlayed pada dunia nyata. Dari segi teknis, teknologi Augmented Reality merupakan teknologi transformatif, demana sistem intraksi melikupi keseluruhan lingkungan di luar tampilan layar. Dari segi strategis, pemanfaatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality sangat berpengaruh dalam peningkatan minat belajra siswa untuk mengetahui dan memahami tentang mata melalui visual 3D. Dalam aplikasi ini terdapat objek mata 3 dimensi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender, dengan Unity sebagai game engine dan Vuforia sebagai library. Cara menggunakanya dengan mengarahkan kamera pada marker yang telah tersedia. Kemudian akan muncul gambar 3 dimensi pada layar smartphone beserta penjelasannya. Media pembelajaran biologi tentang mata dengan menggunakan Augmented Reality lebih mudah dipahami dari pada menggunakan gambar 2 dimensi. Karena siswa dapat melihat bentuk bola mata secara nyata dalam bentuk 3 dimensi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pilarteknologi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pilar Teknologi memuat naskah hasil penelitian, kanjian konseptual, analisis kritis, resensi buku di bidang ilmu teknik Terbit per satu semester (dua nomor dalam setahun) Pada bulan Maret dan ...