Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Google Classroom di Masa Pandemi pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Putri Tajul Hayah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Aslam Aslam (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Sejak meluasnya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi seluruh aktivitas kehidupan manusia terutama aktivitas dalam bidang pendidikan. Berdampak adanya fenomena pembelajaran berbasis Online. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Online melalui Google Classroom di masa pandemi pada Pembelajaran IPA bagi peserta didik kelas V SDN Duri Kosambi 01 serta kendala yang ditemukan selama proses pembelajaran berbasis Online berlangsung. Penelitian ini memakai pendekatan Kualitatif Deskriptif serta metode penelitian jenis Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Berlandaskan hasil penelitian ini dikatakan yakni pembelajaran berbasis Online melalui Google Classroom di masa pandemi untuk Pembelajaran IPA bagi peserta didik kelas V SDN Duri Kosambi 01 cukup efektif. Penggunaan Platform Google Classroom memudahkan pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran berbasis Online, pendidik dan siswa dapat mudah memahami fitur-fitur yang ada di Platform tersebut, hal ini berdampak pada aktivitas siswa, kemampuan dalam menguasai materi dan respon siswa selama proses pembelajaran Online berlangsung. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...