Inovator : Jurnal Manajemen
Vol 11, No 2 (2022)

Analisis Kepuasan Mahasiswa Peserta MBKM di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun

Muhamad Azis Firdaus (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Titing Suharti (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Imam Sundarta (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Hurriyaturrohman Hurriyaturrohman (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Rachmatullaily Tinakartika Rinda (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Azolla Degita Azis (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Widhi Aryo Bimo (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Denia Maulani (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Busnis Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

AbstraksiPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kepuasan mahasiswa dalam mengikuti program MBKM (Merdeka Belajar KampusMerdeka) pada tahun 2021. Metode penelitian menggunakan desain konlkusif deskriptif dimana digunakan Importance Performane Analysis untuk mendapatkan deskripsi indicator-indokator dalam persepsi mahasiswa peserta MBKM. Indikator-indikator tersebut disusun melalui FGD dengan mahasiswa peserta MBKM yang selanjutnya disusun ke dalam instrument kuisioner, yang terbagi ke dalam lima dimensi yaitu Sosialisasi, pendaftaran, sleksi, pelaksanaan serta pelaporan. Keseluruhan dimensi tersebut terdiri dari 23 item pernyataan kinerja atribut dan 23 item pernyataan tingkat kepentingan. Responden dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa peserta MBKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun yang berjumlah 18 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bhawa seluruh indikator memiliki nilai rata-rata kinerja dibawah rata-rata nilai tingkat kepentingan. Indikator-indikator yang nilai rata-ratanya di bawah nilai rata-rata kinerja total yaitu media sosialisasi, informasi tempat mbkm, sharing session, materi sosialisasi, waktu sosialisasi, Rentang waktu pendaftaran, kehandalan website, Transfaransi Hasil Seleksi, tahap perencanaan, Rentang waktu pelaksanaan MBKM, penugasan, kompensasi, dan waktu pelaporan..AbstractThis study aims to obtain an overview of student satisfaction in participating in the MBKM program (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) in 2021. The research method uses a descriptive conclusive design where Importance Performance Analysis is used to obtain a description of the indicators in the perceptions of MBKM participating students. These indicators were compiled through FGDs with MBKM participating students which were then compiled into a questionnaire instrument, which was divided into five dimensions, namely socialization, registration, selection, implementation and reporting. The overall dimensions consist of 23 items of attribute performance statements and 23 items of importance level statements. Respondents in this study were all students participating in the MBKM Faculty of Economics and Business, Ibn Khaldun University, totaling 18 students. The results of the study show that all indicators have an average performance value below the average level of importance. The indicators whose average value is below the average value of total performance are socialization media, information on the place of mbkm, sharing sessions,socialization materials, socialization time, registration time span, websiter eliability, transparency of selection results, planning stage, implementation time span MBKM, assignment, compensation, and reporting time

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INOVATOR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal INOVATOR , Jurnal ini memberikan inovasi pada perkembangan teknologi dan ilmu manajemen dengan memberikan informasi praktis hasil pemikiran dan penelitian para pakar manajemen dengan scope : Manajemen Sumber Daya Manusia; Manajemen Keuangan; Manajemen Pemasaran; Manajemen Operasional dan ...