Jurnal PkM: Pemberdayaan Masyarakat
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat

PEMANFAATAN APLIKASI DESAIN CANVA UNTUK VISUALISASI KONSEP DATA DALAM MENAMPILKAN HASIL TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Erma Susanti (Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta)
Erna Kumalasari Nurnawati (Jurusan Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pelaporannya perlu ditampilkan secara menarik agar dapat diakses oleh masyarakat. Untuk dapat menampilkan hasil kegiatan tersebut, maka luaran perlu disajikan dalam berbagai bentuk tampilan multimedia, sehingga perlu didesain secara khusus agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Saat ini proses mulai dari perencanaan, desain dan mempresentasikan konsep data menjadi suatu tampilan visual baik itu poster, infografis, presentasi, postingan sosial media, video, dan bentuk konten lainnya dapat dilakukan tersendiri oleh siapa saja dengan menggunakan bantuan aplikasi desain Canva. Berbagai fitur yang dimiliki Canva dapat memberikan kemudahan bagi dosen dalam pembuatan berbagai konten untuk keperluan penyampaian informasi hasil kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menyadari pentingnya pengetahuan tentang pembuatan desain maka bersama dengan UPT TIK Unnes (Universitas Negeri Semarang) mengadakan serangkaian kegiatan pembekalan pelatihan desain dengan tujuan untuk memberikan kemampuan desain bagi pengajar atau dosen terkait bagaimana memvisualisasikan konsep data hasil Tri Dharma dengan menggunakan Canva. Kegiatan penyampaian materi telah dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom pada tanggal 11 Oktober 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Rangkaian kegiatan online lainnya yaitu setiap peserta mengikuti materi online pada MOOC (Massive Open Online Course) Unnes dan pengerjaan asesmen. Hasil akhir kegiatan peserta akan mendapatkan sertifikat penguasaan desain canva yang setara dengan 32 jam sesuai dengan materi yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PkMLP3K

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This journal holds publications from all midwives in science, both in the fields of education, arts and humanities, engineering, computers, and social ...