Journal of Educational Research and Evaluation
Vol 4 No 2 (2020): May

Mobile-Learning Development for Supporting Scientific Approaches in Chemical Learning Using Flipped Classroom Strategy

I Made Tegeh (Department of Technological Education, Ganesha University of Education)
Ida Bagus Nyoman Sundria (Department of Technological Education, Ganesha University of Education)
I Komang Sudarma (Department of Technological Education, Ganesha University of Education)
I Gde Wawan Sudatha (Department of Technological Education, Ganesha University of Education)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik M-learning yang efektif untuk mendukung flipped classroom pada pembelajaran kimia SMA menggunakan pendekatan saintifik dan kelayakan M-learning yang dikembangkan dilihat dari validitas isi, media, dan desain pembelajaran, serta keterbacaan oleh pengguna. Penelitian ini difokuskan pada pembuatan prototipe  M-learning pada topik kimia SMA kelas X dan prototipe pembelajaran M-Learning untuk satu topik kimia yang telah memenuhi kelayakan konten, pedagogi, desain media, uji coba teknis dan individual.  M-learning dapat diakses oleh pengguna yang dapat diposisikan sebagai guru atau siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik M-learning adalah menyajikan materi ikatan ion dan kovalen, strategi yang digunakan adalah felipped classroom, pembelajaran diarahkan untuk mengikuti langkah-langkah pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, serta setiap pertemuan M-learning berisi materi, video, lembar kerja siswa, dan chatting, (2) produk M-learning menurut ahli isi berkriteria cukup baik dengan nilai 72,31, ahli media pembelajaran dan ahli desain pembelajaran memberikan nilai masing-masing 96,92 dan 95,00 dengan kriteria sangat baik, dan uji coba individu dari tiga orang siswa yang berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi menunjukkan hasil yang baik dengan rerata penilaian 82,86. Hal ini dapat disimpulkan bahwa M-Learning dengan strategi flipped classroom dapat mendukung pendekatan ilmiah dalam pembelajaran kimia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JERE

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Evaluation (JERE) is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...