Journal of Education Technology
Vol. 4 No. 1 (2020): February

Tingkat Kesadaran Hukum Peserta Didik dalam Menggunakan Media Sosial

Deisti Glorya Christina Tani (Unknown)
Nani Mediatati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran hukum peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Salatiga dalam menggunakan media sosial yang meliputi indikator pengetahuan dan pemahaman terhadap hukum dalam menggunakan media sosial, sikap, serta pola perilaku dalam menerapkan aturan hukum dalam menggunakan media sosial terkait produk hukum, yakni UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, secara khusus Pasal 27 s/d 30 UU NO. 11/ 2008 serta Pasal 26, 31, 45, 45A dan 45B UU No. 19/ 2016.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas X yang berjumlah 225 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 20% peserta didik yang mengetahui aturan hukum dalam menggunakan media sosial, 81% yang memahami aturan hukum dalam menggunakan media sosial, 72% mendukung keberadaan aturan hukum dalam menggunakan media sosial dan 68% yang menerapkan pola perilaku yang sesuai dengan aturan hukum dalam menggunakan media sosial. Dari rata-rata empat indikator tersebut diperoleh nilai yang menunjukkan bahwa dari peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Salatiga sebagai subyek penelitian 60% memiliki tingkat kesadaran hukum dalam menggunakan media sosial pada kategori BAIK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and ...