International Journal of Natural Science and Engineering
Vol. 5 No. 1 (2021): April

Body Image Sebagai Faktor Penentu dalam Meningkatkan Status Gizi Remaja Putri

Ni Nyoman Ayu Dwi Astini (Prodi Kebidanan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Wigutomo Gozali (Prodi Kebidanan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2021

Abstract

Ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh  seringkali dijumpai pada remaja putri, hal ini membuat remaja putri menerapkan perilaku yang tidak tepat dalam mencapai tubuh ideal dengan melakukan diet yang ketat sehingga berdampak negative pada status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara body image dengan status gizi remaja putri. Penelitian ini menggunakan metode studi crossectional, dengan jumlah populasi sebanyak 48 orang remaja putri. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuiosioner berupa angket kepada sampel penelitian. Data status gizi diperoleh dari pengukuran TB dan BB, selanjutnya dihitung nilai z-score berdasarkan BMI/U dari WHO. Uji hubungan yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 22 subyek (48,8%) merasa tidak puas terhadap bentuk tubuhnya dan 26 subyek (54,2%) merasa puas dengan bentuk tubuhnya, sedangkan status gizi kurang 2,1%, status gizi lebih 58,3% dan normal 39,6%. Hasil analisa statistic Rank Spearman didapatkan nilai rho = 0,338 dengan signifikansi = 0,009. Ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan  signifikan antara body image dan status gizi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara body image dan status gizi pada remaja putri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJNSE

Publisher

Subject

Engineering

Description

International Journal of Natural Sciences and Engineering (IJNSE) is an independent, quarterly basis online & print version, open access, peer reviewed, non-profit journal that publishes original research, short communications, review articles or essays, and book reviews relevant to Natural ...