International Journal of Elementary Education
Vol 3 No 2 (2019): May

Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar

Hikmah Wiji Hastuti (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Sunan Baedowi (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Qoriati Mushafanah (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Numbered Heads Together berbantu media Panelpa (papan flanel IPA) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 03 Sungapan Pemalang. Jenis desain yang digunakan dari pre-experimental design ini adalah one-group pretest-posttest design (satu kelompok pretes – postes). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 03 Sungapan Pemalang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest yang sudah dilakukan. Rata-rata pretest yang diperoleh siswa sebesar 60,4 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 32. Sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 83,2 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 56. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (5,433 > 1,729) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Heads Together  berbantu  media Panelpa efektif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...