Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran

Ketut Sutarmi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Suarjana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis ini adalah Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A di SD No. 2 Dalung yang berjumlah 33 siswa. Data dianalisis dengan tehnik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas VA SD No. 2 Dalung. Presentase rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,12%. Presentase rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 82,58%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SD No. 2 Dalung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...