Mimbar Ilmu
Vol. 25 No. 1 (2020): April

Kontribusi Kecerdasan Intrapersonal dan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

K D. Windhu Dharmawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I.W. Darsana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kecerdasan intrapersonal dan sikap tanggung jawab terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus III Mengwi tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto dengan jenis studi korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus III Mengwi tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 297 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 164 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode non tes. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dari pencatatan dokumen sedangkan data kecerdasan intrapersonal dan sikap tanggung jawab diperoleh dengan menggunakan kuesioner/angket.  Analisis uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heterokesdastisitas. Selanjutnya data dianalisis denga uji hipotesis regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Analisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi Ŷ= 8,193 + 0,258X1 + 0,260X2. Persamaan regresi yang telah didapat berarti H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intrapersonal dan sikap tanggung jawab terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus III Mengwi tahun pelajaran 2018/2019 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh R2 = 0,061 dan kontribusinya sebesar 6.1%. Jadi kontribusi kecerdasan intrapersonal dan sikap tanggung jawab terhadap kompetensi pengetahuan IPS sebesar 6,1%.  Dapat disimpulkan kontribusi kecerdasan intrapersonal dan sikap tanggung jawab terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus III Mengwi Tahun Pelajaran 2018/2019  sebesar 6,1%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...