Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 1 (2022): April

Media Aplikasi Berbasis Pembelajaran Saintifik pada Muatan IPA SD

Komang Putri Damayanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Wiarta (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran daring menyebabkan pelajaran di sekolah menjadi monoton dan kurang menarik. Hal ini memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media aplikasi berbasis pembelajaran saintifik pada muatan IPA SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek pada penelitian ini meliputi para ahli materi, desain, media dan 27 siswa kelas V pada uji lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan angket/kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Validasi oleh ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan uji lapangan memperoleh hasil berturut-turut 100% dengan kategori sangat baik, 84,61% dengan kategori baik, 84,09% dengan kategori baik, 94,36% dengan kategori sangat baik. Artinya, media aplikasi berbasis pembelajaran saintifik pada muatan IPA SD ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yiatu mendorong dan memotivasi guru untuk memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...