Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 1 (2022): April

Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

Destya Ramadhina (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)
Izza Rohman (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi ke dalam praktik pengajaran tidak terlepas dari problematikanya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru pada penggunaan video youtube sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru kelas IV, V, dan VI. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara. Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima problematika utama yang dirasakan oleh guru selama penggunaan media youtobe, di antaranya adalah kurangnya ketersediaan perangnkat untuk menayangkan video, sulitnya mencari kesesuaian konten dengan materi ajar, kesulitan dalam proses pengunduhan video yang memerlukan waktu lama karena pengetahuan dan keterampilan guru, kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran, serta sulitnya mengontrol sikap peserta didik untuk fokus pada pembelajaran. Problematika yang diperoleh dapat digunakan sebagai acuan dalam memberikan dukungan bagi para guru dalam mengatasi problematika penggunaan video youtube agar pembelajaran lebih berkualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...