Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 1 (2022): April

Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI

Koming Desi Damayanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
Maria Goreti Rini Kristiantari (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
03 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak terdapatnya mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang disebabkan oleh ketiadaan guru pengampu mata pelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi pada materi Bahasa Inggris dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama yakni tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun jenis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara tidak terstruktur serta kuesioner atau angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini yaitu meliputi: (a) Uji ahli materi memperoleh persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik, (b) Uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase 91% dengan kualifikasi sangat baik, (c) Uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik, (d) Uji coba perorangan memperoleh persentase 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, (e) Uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 90,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis aplikasi android materi Bahasa Inggris dasar pada siswa kelas VI SD dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...