JURNAL PENJAKORA
Vol. 9 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bolavoli

I Wayan Somenada (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Kanca (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Agung Lanang Parwata (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar passing bolavoli ditinjau dari motivasi berprestasi pada peserta didik kelas V di SDN 3 Banjar Jawa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimental dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Banjar Jawa yang berjumlah 95 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 orang ini diambil dengan teknik simple random sampling yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 32 orang. Analisis data menggunakan uji ANAVA 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar passing bolavoli peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang mengikuti model pembelajaran langsung (Fhitung = 9,405 > Ftabel = 4,171) dan (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar passing bolavoli (Fhitung = 48,351 > Ftabel = 3,998). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing bolavoli. Motivasi berprestasi terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar passing bolavoli disamping menerapkan model pembelajaran. Dalam meningkatkan hasil belajar passing bolavoli, penerapan model pembelajaran harus memperhatikan motivasi berprestasi peserta didik. Guru diharapkan dapat lebih inovatif menyusun dan menerapkan model pembelajaran sehingga dapat menimbulkan motivasi yang tinggi selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2022