M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2018): Mathline

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SISIPAN HUMOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Mochammad Taufan (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannyamenggunakan strategi pembelajaran sisipan humor; untuk mengetahui hasil belajar matematikasiswa yang pembelajarannya tidak menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor, untukmengetahui pengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balongan dan dipilih dua kelas secaraacak sebagai sampel. Kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan sisipan humor. Instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...