M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2018): Mathline

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN BILANGAN DAN DERET SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX-H SMP NEGERI UNGGULAN SINDANG INDRAMAYU

Imas (SMP Negeri Unggulan Sindang)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik Kelas IX-HSMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu pada materi Barisan Bilangan dan Deretdengan menggunakan media ular tangga matematika.Teknik pengumpulan data dalam penelitianini menggunakan lembar observasi, tes, angket, pengamatan dan Jajak pendapat. Teknik analisisdata menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data dengan teknik triangulasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa peggunaan media ular tangga matematika dapat meningkatkanmotivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX-H SMP Negeri Unggulan SindangKabupaten Indramayu. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas danketuntasan peserta didik. Berdasarkan hasil tes pada siklus I diperoleh gambaran adanyapeningkatan hasil prestasi belajar. Nilai rata-rata tes hasil belajar pra tindakan adalah 55,33 denganketuntasan 10% dan setelah tindakan menjadi 94,17. Prestasi belajar siswa pada siklus I mengalamipeningkatan sebesar 38,84 dengan ketuntasan belajar 90%. Rata-rata tes hasil belajar siklus Iadalah 94,17 dan setelah tindakan siklus II menjadi 95,33. Prestasi belajar siswa pada siklus IImengalami peningkatan sebesar 1,16 dengan ketuntasan belajar 96,67%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...