Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2022): Mei - Agustus 2022

Pengaruh Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA)

Sabriena Laura Aayn (Universitas Negeri Surabaya)
Agung Listiadi (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kesiapan menjadi guru muncul oleh karena adanya keyakinan dari diri sendiri dan dikuatkan dengan beberapa faktor pelengkap lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk tahu akan pengaruh pengenalan lapangan persekolahan, persepsi terhadap profesi guru, efikasi diri dan kesiapan menjadi guru. Subyek riset ini yakni mahasiswa prodi pendidikan akuntansi UNESA tahun 2018. Riset ini berupa penelitian kuantitatif dan penelitiannya menggunakan metode regresi. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis datanya yaitu uji instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas serta pengujian hipotesis berupa regresi linier berganda. Hasil penelitian menggunakan uji t yang mendapat kan nilai signifikansi variabel PLP sebesar 0,003, persepsi profesi guru sebesar 0,001, efikasi diri sebesar 0,000. Yang berarti secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru lantaran memiliki nilai signifikansi <0,05. Berikutnya hasil pengujian f menunjukan nilai signifikansi 0,000, hal itu berarti secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...