JURNAL AGRIBISAINS
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal AgribiSains

ANALISIS MARJIN PEMASARAN KOPI DI DESA KOPIDIL KECAMATAN KABOLA KABUPATEN ALOR

Emirensiana Latuan (a:1:{s:5:"en_US"
s:29:"Universitas Tribuana Kalabahi"
})



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Salah satu aspek pemasaran yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan arus barang dari produsen ke konsumen adalah saluran pemasaran. Saluran pemasaran juga menentukan marjin keuntungan yang diterima oleh para petani, semakin panjang alur pemasaran semakin banyak lembaga pemasaran yang menikmati marjin keuntungan dari petani dan konsumen, oleh karena itu dilakukan penelitian tentang analisis marjin pemasaran kopi di desa Kopidil. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan wawancara langsung pada 63 petani responden dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian Saluran pemasaran kopi di Desa Kopidil diketahui bahwa terdapat 3 saluran pemasaran kopi yang dilakukan yaitu : Saluran I : Petani– konsumen, Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Konsumen dan Saluran III : Petani– Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen dan Marjin pemasaran kopi di Desa Kopidil untuk Saluran Pemasaran II adalah Rp. 95.636,36 sedangkan pada saluran pemasaran III marjin pemasarannya adalah Rp. 396.000. Dengan demikian terdapat selisih marjin pada saluran pemasaran II dengan marjin pada saluran pemasaran III sebesar Rp. 300.363,64/kg.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AGB

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

Jurnal Agribisains adalah jurnal resmi yang diterbitkan oleh Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor sebagai media penyebarluasan, pertukaran informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Djuanda ...