Sebagai salah satu perguruan tinggi yang bertujuan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing unggul khususnya di bidang ilmu kebidanan, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar sudah seharusnya memberikan pelayanan administrasi yang berkualitas sebagai salah satu penunjang tercapainya tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan untuk membentuk tingkat kepuasan mahasiswa tentang kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 318 orang mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar. Dengan menggunakan rumus Slovin maka didapat 76 orang mahasiswa sebagai sampel yang ditentukan dengan propotionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Data dianalisis dan diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar pada dimensi bukti langsung (tangible), mahasiswa menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar pada dimensi kehandalan (reliability), mahasiswa menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar pada dimensi daya tanggap (responsiveness), mahasiswa menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar pada dimensi jaminan, mahasiswa menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan administrasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Denpasar pada dimensi empati.
Copyrights © 2022