Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan karakter kreativitas siswa saat pembelajaran jarak jauh di SDN Penggalaman 1. Penelitian dilakukan di SDN Penggalaman 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini ialah studi kasus. Responden dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) orang guru kelas sebagai data utama. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ternyata guru memiliki kendala dalam mengembangkan karakter kreativitas siswa saat pembelajaran jarak jauh. Kendala yang dialami guru ialah jaringan yang kadang-kadang tidak stabil untuk daerah perdesaan, borosnya paket kouta, penuhnya memori handphone karena tugas di kirim siswa melalui WhatsAppGrup (WAG), dan juga kurangnya pemahaman orang tua siswa tentang pelajaran dan teknologi. Karakter yang sering guru kembangkan ialah mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar, mengajak siswa untuk bisa mandiri dalam mengerjakan tugas yang guru berikan, menghimbau siswa untuk tepat waktu dalam mengirim tugas, mengajak siswa untuk selalu bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan. Kreativitas yang guru kembangkan seperti mengajak siswa untuk membuat seni kolase (tempel) tetapi menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar.
Copyrights © 2022