Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan game online, untuk mengetahui bagaimana hubungan sosial, dan apakah ada pengaruh game online terhadap hubungan sosial siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Loktabat Utara. Obyek dalam penelitian ini yaitu pengaruh game online terhadap hubungan sosial siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Loktabat Utara. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Loktabat Utara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan berjumlah 30 siswa. Uji coba tes dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan aplikasi komputer yakni SPSS 25 for windows. Alat penggali data yang digunakan yaitu angket. Analisa data yang digunakan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 10,32 dan ttabel = 1,701 dengan taraf signifikan 5%, maka nilai hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat dibuktikan bahwa yang berbunyi “Terdapat pengaruh game online terhadap hubungan sosial siswa SDN 2 Loktabat Utara”, Ha diterima. Sedangkan H0 ditolak.
Copyrights © 2022