Pahlawan : Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol. 18 No. 1 (2022): April 2022

Metode Guru BK Dalam Mengatasi Masalah Penyesuaian Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus: (Studi Kasus pada Siswa dengan Autisme di SLB Harapan Bunda Banjarmasin)

Dewy Nurchaifa Pebriany (Universitas Achmad Yani Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode yang dilakukan guru BK dalam mengatasi permasalahan penyesuain diri pada siswa dengan autisme di SLB Harapan Bunda Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif (studi kasus). Subjek penelitian ialah guru BK dan siswa dengan autisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah penyesuaian diri siswa dengan autisme meliputi kurang mandiri, cenderung kaku, dan egosentris. Metode guru BK dalam mengatasi permasalahan penyesuaian diri subjek yaitu dengan metode bimbingan khusus. Metode bimbingan khusus dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu metode kelompok (metode ceramah, metode demonstrasi/ praktik, metode drill, dan karya wisata) dan metode individu (metode tanya jawab dan metode penugasan).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pahlawan

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PAHLAWAN memuat isu aktual dibidang pendidikan, Sosial dan Budaya berisi tentang artikel-artikel Ilmiah, baik berupa opini maupun Hasil Penelitian dalam bidang ...