Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 4 No 1 (2022): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI SISTEM REM HIDROLIK TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XI SMK AT-THOAT TOROH

Muhammad Yoga Ristiyanto (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET)
Joko Suwignyo (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET)
Bayu Ariwibowo (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET)



Article Info

Publish Date
13 May 2022

Abstract

Muhammad Yoga Ristiyanto, (C3217110076) “Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Minat Belajar Terhadap Kompetensi Sistem Rem Hidrolik Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Siswa Kelas XI SMK At-Thoat Toroh Tahun Ajaran 2020/2021“, Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (Otomotif), Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet Semarang, 2021. Latar belakang masalah karena Sejak Bulan Maret 2020 seluruh satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak corona virus disease atau Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Dan beberapa siswa bahkan terlihat tidak memiliki minat dan malas mengikuti proses PJJ. Dengan minat belajar yang rendah tentu saja mengakibatkan pengetahuan siswa menjadi kurang terhadap materi yang dipelajari. Kurangnya pengetahuan terhadap materi yang dipelajari tentu berpengaruh terhadap pembelajaran praktik yang akan dilakukan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket.Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin didapat jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 25.0. Hasil analisis menunjukkan model pembelajaran jarak jauh dalam kategori sangat baik, minat belajar dalam kategori sangat baik, dan kompetensi sistem rem hidrolik dalam kategori kompeten. Uji T variabel model pembelajaran jarak jauh terhadap kompetensi sistem rem hidrolik memperoleh nilai sig. sebesar 0,002 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha1 diterima, sedangkan uji T minat belajar terhadap kompetensi sistem rem hidrolik memperoleh nilai sig. sebesar 0,004 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha2 diterima. Ada pengaruh positif antara model pembelajaran jarak jauh dan minat belajar terhadap kompetensi sistem rem hidrolik siswa kelas XI program keahlian teknik bisnis sepeda montor SMK At-Thoat Toroh. pada uji F dengan perolehan nilai sig. F sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh model pembelajaran jarak jauh dan minat belajar terhadap kompetensi sistem rem hidrolik yang ditunjukkan pada uji R2 (determinan) sebesar 71,1,% dan sisanya 28,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Jarak Jauh, Minat Belajar, Kompetensi Sistem Rem Hidrolik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...