Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 4 No 1 (2022): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

ANALISIS KEBUTUHAN PEDAGOGIK GURU PADA VIRTUAL LEARNING MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK SWASTA (DENGAN KOMPETENSI KEAHLIAN TKRO) KOTA SEMARANG

Adi Marlis (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET)
Nuraedhi Apriyanto (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET)
Bayu Ariwibowo (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) menganalisis urgensi kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran virtual based learning pada mapel Gambar Teknik Otomotif, 2) menganalisis kompetensi pedagogik apa saja yang penting dimiliki guru untuk melaksanakan pembelajaran virtual based learning pada mapel Gambar Teknik Otomotif. Hasil olah data dalam penelitian ini menunjukkan kebutuhan kompetensi pedagogik pada virtual learning mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif yang paling urgen adalah aspek suasana belajar aktif dengan angka persentase sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat butuh, kontak antara siswa dengan guru dengan presentase 84%, aspek umpan balik yang cepat dengan presentase 84%. Aspek tujuan pembelajaran yang masuk akal dan dapat dicapai dengan presentase sebesar 82% dan kebutuhan yang paling bawah adalah pengharagaan atas perbedaan yang ada diantara para siswa dengan presentase 79%. Kata kunci: kebutuhan pedagogik guru, virtual learning, gambar teknik otomotif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...